Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Rambut

Posted on

Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Rambut – Kemiri dikenal masyarakat sebagai rempah-rempah, yang dicampurkan ke dalam dalam masakan sebagai bumbu. Dalam perdagangan yang dilakukan antar negara, kemiri disebut dengan banyak nama seperti: Indian walnut, candleberry atau candlenut. Tinggi pohon kemiri sekitar 15 hingga 25 m dan setiap pohonnya bisa memanen 30 sampai 80 kilogram kemiri.

 

 

Manfaat kemiri dalam dunia kecantikan dan kesehatan

 

Jika ditinjau dari kandungan, minyak kemiri banyak mengandung diantaranya:

 

  • Asam oleic, ialah asam lemak yang bisa menjadi komponen pembuatan sabun lunak. Kemampuan Asam oleic ini untuk membunuh kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Asam linoleic, ialah asam tak jenuh dengan omega-6. Biasanya digunakan untuk bahan baku produk kecantikan, dimana memiliki fungsi mengurangi timbulnya jerawat, melembapkan dan antiradang.
  • Asam linoenic, ialah asam omega-3 yang sangat dibutuhkan tubuh, untuk perkembangan dan pertumbuhan. Sebab itu banayak sekali distributor kecantikan dan kesehatan yang menggunakan kemiri, sebagai bahan bakunya.

 

Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari minyak kemiri?

 

  • Minyak kemiri untuk rambut, bisa menyuburkan menghilangkan ketombe dan mencegahnya.
  • Minyak kemiri buat rambut, bisa menghilangkan kutu rambut.
  • Minyak kemiri untuk kumis, alis, uban dan rambut rontok bisa berkhasiat menyuburkannya kembali dan khasiat lainnya. Mengapa tidak membuat sendiri di rumah, jika manfaat minyak kemiri sangat banyak? Anda cukup membeli kemirinya dan mempraktikannya.

 

Cara membuat minyak kemiri alami

 

Pohon kemiri yang tumbuh di daerah tropis ini, siapa sangka menjadi tumbuhan resmi simbol dari perdamaian, perlindungan dan penerangan di negara bagian Hawaii lho! Cara membuat minyak kemiri dengan alami ada 3 cara: kemiri dengan dibakar, kemiri sangrai dan kemiri dengan diperas.

 

Cara membuat minyak kemiri dengan dibakar

 

Cara membuat minyak kemiri bakar yang benar, terlihat  mudah tetapi pada saat melakukannya anda harus memakai perlindungan. Agar ketika anda membakar kemiri tidak mengenai pakaian, dan melindungi pernapasan karena akan ada bau gosong. Cara memulainya adalah menyiapkan biji kemiri yang telah dikupas dari cangkang. Lantas dibakar seperti ketika membuat arang untuk membakar, jika telah gosong semua. Kumpulkan dan blender biji kemiri sampai mengeluarkan minyak. Simpan minyaknya dalam wadah yang rapat dan tertutup dengan baik.

 

Cara membuat minyak kemiri yang alami dengan disangrai

 

Anda perlu menyiapkan biji kemiri yang sudah dikupas, dengan baik dari cangkannya. Siapkan wajah yang besar, dan taruh minyak kemiri pada wajah tanpa minyak. Sangrai terus hingga matang, lantas tumbuk dengan halus setelah matang semuanya. Jika anda tidak memiliki alat untuk menumbuk, bisa dengan memblenderyna. Jika biji kemirinya telah halus sempurna, peras dengan menggunakan air.

 

Cara membuat minyak kemiri dengan diperas

 

Cara yang pertama selalu lakukan kupas biji dari cangkang, pilih dengan menumbuk, memarut atau dengan memblendernya. Cara terkahir anda tingal memeras biji kemiri yang telah diblender, tambahkan sedikit air demi sedikit. Simpan dalam wadah tertutup selama 24 jam, masak di hari berikutnya sampai mengeluarkan minyak. Cara membuat minyak kemiri dengan diperas, memang membutuhkan waktu yang lama tetapi cara ini hasilnya akan membuat minyak kemiri bening dibandingkan dengan cara yang lainnya.

 

Ada cara merawat kesehatan yang lain untuk rambut, dengan rajin mengonsumsi Colla beauty. Cola Beauty Indonesia adalah produk kesehatan dan kecantikan, yang mengandung Collagen murni dan dosis yang telah dikombinasikan dengan Hyaluronate, Vitamin C, L-Glutathione dan ekstrak buah anggur. Colla beauty asli sangat aman dan halal, karena telah memiliki izin dari MUI dan DINKES sebagai produk kesehatan dan kecantikan yang aman untuk masyarakat.